9 TIPE MAHASISWA MENJELANG DEADLINE TUGAS

Sumber : https://houseofva.wordpress.com/2013/09/13/tugas-oh-tugas/



*Keluar dari kardus*

Halo readers dan sahabat sipil yang paling kusayangiiii muaaah :*

Aku tau beberapa dari kalian pasti ada yang stress ntah itu karena diputusin sejenis spesies yang disebut pacar atau karena ini udah akhir-akhir semester yang ngebuat semakin banyak tugas dan ujian. Aku tau kok karena lagi ngerasain yang terakhir. Jadi mahasiswa teknik engga menyenangkan dan susah dijalanin :'( *piso mana piso??*

Kayaknya semakin mendekati semester akhir, kepala jadi makin mumet mikirin PKL, kantung mata makin lama makin jatuh kayak abis nahan beban 100ton, kulit makin item karena banyaknya praktek, uban makin banyak karena tiap hari buat laporan, badan makin bau karna jarang mandi, dan hati makin nyesek karena liat abangtu deket sama cewe lain #eh #abaikanyangterakhir

Jadi siklus mahasiswa teknik itu mulai Senin kaya gini:

Teori ---> Ujian ---> Praktek ---> Laporan ---> Teori ---> Ujian ---> Praktek ---> Laporan ---> Acc ---> Revisi ---> Teori ---> Ujian ---> Praktek ---> Laporan ---> Acc ---> Revisi---> Kunjungan Proyek ---> Teori ---> Ujian ---> Praktek ---> Laporan ---> Acc yang ke-100 ---> Revisi ke-100 ---> Mati

Mulai dari pagi kuliah dan praktek sampe sore, terus pulangnya ngerjain tugas dan laporan sampe pagi, lalu kuliah lagi. Kalo kalian nanya "tidurnya kapan?" kalo aku sendiri sih tidurnya di kampus waktu ada jeda mata kuliah, kadang waktu dosen lagi ngejelasin materi juga sempet tidur (tergantung dosennya yang mana), dan satu lagi kesempatan tidur itu waktu kena macet atau lampu merah di jalan. Terkadang di jalan mau pulang sering ketiduran di motor saking gak tahan ngantuknya, gaktaunya dibelakang udah pada ngeklakson aja atau pernah hampir nabrak kendaraan di depan. #adeganberbahaya #janganditiru

Dan semakin dekat sama tugas akhir tuh rasanya kehidupan belantara di kampus teknik jadi makin kejam, mulai dari prakteknya, dosennya, atau bahkan teman sekelas rasanya juga makin kejam. Kita benar-benar dipaksa buat bersaing tanpa kenal mana kawan mana lawan. Setidaknya itu yang aku rasain akhir-akhir ini. Rasanya kelas kaya terbagi menjadi tiga kasta. Jadi makin keliatan perbedaan kelompok mahasiswa pintar, mahasiswa biasa aja, dan mahasiswa engga pintar. Kejam ngga? :D #yanamanyajugahidup

Udahan deh ya basabasinya. Sebenarnya aku mau ceritain beberapa tipe mahasiswa menjelang deadline tugas kuliah. Kayaknya udah kodratnya tugas dikerjakan sehari sebelum deadline, padahal dikasih tugas itu sebulan sebelumnya. Katanya sih biar greget dan nantang gitu :D karena itu pula mulai keliatan beberapa karakter mahasiswa beberapa jam, menit, dan detik menjelang deadline tugas. Dan ada beberapa tipe aku sendiri juga.

Sebagaimana yang udah aku teliti dan uji beberapa sampel mahasiswa di lab Mekanika Mahasiswa, didapatlah persen kadar pelit, kadar baik, dan kadar gila nya. Penasaran ? Berikut adalah hasil analisanya :



1. Mahasiswa Luar Biasa

Tipe ini biasanya paling rajin datang ke kampus, gak pernah telat, kapan dikasih tugas saat itu juga mulai dikerjainnya, bukan sehari sebelum deadline. Jadi, sehari sebelum deadline dia terlihat paling nyantai. Yang lebih luar biasa lagi, dia gak pelit sama orang lain yang minta ajarin. Tapi sayangnya, di kampus teknik gak pernah ada makhluk seperti ini..


2. Mahasiswa Luar Binasa

Yang ini rajinnya sama kayak yang diatas. Bedanya spesies yang ini parahnya luar biasa. Dia gak mau berbagi ilmu sama sekali. Disaat udah waktunya ngumpul tugas, dia yang paling cepat ngumpul. Biasanya sih tipe yang ini jago banget bohongnya. Bilangnya sih belum siap, padahal memang pelit gakmau tugasnya diliat orang lain.

A : Udah siap laporan Praktek ukur tanah belum? Aku boleh liat bentar?
B : Belum siap nih. Gambarnya belum sama sekali
A : Oh yauda deh

Dosen : Laporannya silahkan dikumpul
B : *paling cepat ngumpul*

Pas ujian juga gitu. Bilangnya belum belajar, pas ditanya jawabnya belum siap tapi nilainya paling tinggi. Belum lagi pas dapat bocoran soal, dia bakal simpen sendiri tanpa ngasih tau ke yang lain. Kalo nemu mahasiswa tipe ini, tenggelamin aja ke semen terus jadikan beton.


3. Mahasiswa 'Standar'

A : Aku ditempatmu ya malam ini. Kita ngerjain tugas bareng. Pokoknya harus siap walau sampe gak tidur sekalipun
B : Oke siap!

*jam 12 malam*
B : Gimana ini? Tugas belum siap juga :(
A : Tenang aja. pasti siap. Pokoknya gak boleh tidur kalo belum siap.

*Jam 1 pagi*
 A dan B : *tidur*

Lalu, paginya pada sibuk dan panik sendiri karena belum siap tugas. Akhirnya datang cepat dan ngerjain di kampus.
Tipe mahasiswa ini biasanya 'apa adanya banget'. Kalo siap ya bilang siap. Kalo gak siap juga bilangnya gak siap. Dan tipe ini gak pelit sama tugas tapi baiknya juga ada batasnya. Pokoknya tipe yang ini sangat menjunjung tinggi solidaritas.
Kalo kamu atau teman kamu adalah tipe ini, tetap pertahankan terus kayak gitu ya :*


4. Mahasiswa 'Tukang Hasut'

A : Kawan-kawan, kalian kan belum siap tugas. Gimana kalo minggu depan aja kita kumpul? Kebetulan aku juga belum siap. Gimana?

Semua : SETUJUUUUU!!!

Biasanya sih yang jadi si A itu mahasiswa pintar atau mahasiswa yang berperan penting di kelas jadi semuanya nurut. Yang kayakgini nih yang miinta banget dipeluk satu kelas :D


5. Mahasiswa Egois

Jam 3 pagi masih sama-sama sibuk ngerjain tugas
Line :
A : Bro!
B : kenapa?
A : Tolong ajarin dong cara nyari yang no.3 gimanaa? Pleasee
B : *ngetik panjang lebar di Line*
A : Oke thanks

beberapa jam kemudian. Yang B ngerjain tugas di kelas. Si A ngerjain di perpustakaan kampus
A : Bro, kasitau no.5 dong
B : Yang ini agak susah ngejelasinnya. Kamu kekelas sini biar kuajarin
A :  Gakbisa. Aku lagi donlot film disini. Wifi nya kencang
B : *read doang* *lagi sibuk ngerjain tugas*

Sampe kelas si B udah ngumpul tugas sementara A belum siap. Lalu, si A marah sama si B karena line nya cuma di read doang. Padahal waktu itu situasinya sama-sama genting ngerjain tugas.


6. Mahasiswa 'Cari teman senasib'

Ada kalanya disaat belum siap tugas padahal bentar lagi dikumpul, bakal ada yang keliling terus cari teman yang sama-sama belum siap tugas. Sebenarnya ini hampir kayak tipe "mahasiswa tukang hasut". Bedanya yang ini waktunya ketika sebagian orang udah pada ngumpul tugas, sedangkan sebagian lagi belum.

A : Udah siap tugas belum?
B : Belum nih :(
A : Gak apa itu. Senin aja kita kumpul
B : Beneran ya? bareng kita ngumpulnya

Kemudian si A berkeliling terus mencari sosok yang sedang melas karena belum siap tugas dan menanyakan hal yang sama seperti di atas. Ada yang pernah gini? :D


7. Mahasiswa Sombong

A : Ya ampuuun kasian ya belum siap tugas. Masih jaman ngerjain di kampus? HAHAHAHAH
B : Emang kamu udah siap? Liat dong :(
A : Hah? Mau liat? Masih jaman liat-liat tugas orang? Makanya belajaaar. Usaha ngerjain sendiri. HAHAHAHAHAHAH
B : Ya ampun parah banget :(
A : *ngeluarin buku*
B : Ngapain?
A : Ngerjain tugas. Aku juga belum siap .-.
B : *jorokin ke kali*


8. Mahasiswa 'Mau Enaknya aja'

"Udah siap laporan minggu lalu belum? Copy dong."

Sering dengar kalimat diatas dari temen kamu? Selamat ya kamu kurang beruntung.Ya namanya juga 'mau enaknya aja' pasti ini mahasiswa yang gak ada usahanya sama sekali. Tinggal ngopy tugas orang lain yang mati-matian belajar sampe gak tidur. Waktu praktek gak ada ngebantuin sama sekali, eh giliran deadline laporan malah dia yang paling sibuk minta copy. Mending kalo cuma minta datanya aja. Lah ini dari cover sampe referensi di copy semua. Yang lebih ngeselin lagi, nilai dia malah yang lebih bagus daripada nilai orang yang udah berusaha mati-matian gak tidur.

Sama juga pas ada tugas kelompok, dia gak pernah bantuin, tapi namanya selalu tercantum di makalah. Belum lagi pas ujian selalu nyontek, gak pernah belajar, tidurnya selalu nyenyak. Tipe yang ini jangan ditiru ya teman-teman. Kalo sekali-kali sih gak apa-apa. Kalo keseringan bakal jadi kebiasaan dan efeknya bakal  keliatan di sidang nanti ;)


9. Mahasiswa Pasrah

Ini yang terakhir. Kalo udah gaktau lagi mau minta tolong sama siapa karena semua udah sama-sama sibuk sama diri masing-masing. Akhirnya tugas dikumpul seadanya siap gak siap atau gak ngumpul tugas sama sekali. Udah pasrah banget.

A : Kenapa stress gitu mukanya?
B : Aku udah gak tahan sama tugas kuliah ini. Rasanya pengen nikah aja.
A : Wah ide bagus tuh. Emang udah ada calon?
B : *sayat-sayat nadi*

Kalo pernah nemu tipe mahasiswa diatas, tolong carikan dia pekerjaan dan juga jodoh. Kasian mau nikah tapi gak ada calon :(


Nah, selesaaaaaiiiii........
Gimana? Cocok gak? Yang mana tipe kalian? Kalo gak ada, bisa tambahin di komentar yaaa :D
Intinya sih, yang manapun tipe kamu, tetap berusaha sendiri aja dulu. Gak perlulah terlalu berharap sama teman. Siap syukur, gak siap ya tanggung sendiri kedepannya. Dikasih tau syukur, gak dikasih tau yaudah gak usah kebanyakan drama pake nyalahin teman, ngomongin dibelakang, sindir di sosmed, sifat kayakgitu sama sekali gak dewasa.

Jadi, kalo bukan teman, siapa lagi yang disalahin? Ya salahin diri kamu sendiri, kenapa mereka bisa tapi kamu engga? Pertanyaan itu bakal jadi motivasi buat diri sendiri biar lebih baik kedepannya. Belajarla buat gak bergantung sama orang lain. Kalo perlu buat diri kamu sepintar mungkin biar temen yang berbalik bergantung sama kita, terus tinggal balas dendam deh :D #yangterakhirjanganditiru #SyifaJahat #SyifaKejam #SyifaBijak #SyifaPintar #SyifaImut #Syifacantik #Kalomaumuntahsilahkan #inikebanyakanhastag #PLAK

Kalo masalah mau ngasih tau temen atau gak itu tergantung kita. Yang pasti selametin diri sendiri dulu baru selametin temen. Kalo udah nyelametin diri, lalu pas nyelametin teman malah udah telat, itu bukan kesalahan kita. Itu kesalahan dia sendiri karna gak berusaha nyelametin dirinya, kalo temen kamu marah ya biarin aja. Yang pasti dan yang paling penting itu adalah "utamakan diri sendiri". Camkan! Ntar sidang tugas akhir juga bakal sendiri.

Yauda deh yaaa. Syifa cantik mau ngerjain laporan dulu. Gak ada maksud apa-apa sih buat posting kayakgini. Niatnya cuma buat lucu-lucuan aja kok. Walaupun lucu-lucuan harus tetap ada pelajaran yang diambil. Kalo gak ada lucunya sama sekali yaudah aku mengundurkan diri aja dari sini daripada malu. Mending ngumpet :(

Oke bye..
*masuk kardus*

0 comment:

Posting Komentar

Jangan cuma baca aja, komentar juga dong! Tapi komentar yang baik-baik ya :)

 

Copyright © Syifa-chan. Template created by Volverene from Templates Block
WP by Simply WP | Solitaire Online