Malin Kundang (Modern Version)

Malin : “Tidak !! Dia bukan Ibuku !! (bergegas meninggalkan Ibunya)
Kemudian sang ibu menangis sedih, anak yang dilahirkan dan dibesarkannya tidak mengakuinya.
Air matanya berlinang. Malin segera pergi dari desa.
Ibu : “Ya ALLAH,mengapa anakku satu-satunya seperti itu??Aku yang melahirkan dan membesarkan dia Ya ALLAH.Berilah Ia teguranmu,sesungguhnya Ia adalah anak yang durhaka!!!”
Tiba-tiba di tengah perjalanan,badai datang,angin bertiup kencang,gelombang air laut naik,kilat menyambar-nyambar,kapal pun terguncang.
Malin : “Ada apa ini??Badai begitu besar”
Tiba-tiba kilat menyambar malin.
Malin : “Aaaaarrrrrggggghhhhh……!!!!!!!!”
Seketika Ia menjadi batu…


Kalian pasti tau penggalan kisah itu. Yap, Malin Kundang. Kalau dengar kata Malin Kundang pasti yang terlintas diotak kalian adalah seorang anak durhaka yang dikutuk ibunya jadi batu.
Itu kan ceritanya udah lamaaaaaaaa banget. Kalian percaya gak sih kalau sampai sekarang cerita yang mirip dengan Malin Kundang itu ada di kehidupan kita? Bedanya, kalau zaman sekarang versinya lebih berbeda. Kesamaannya cuma seorang anak yang durhaka/gak mau dengerin perkataan ibunya.

Terserah mau percaya atau enggak, aku pernah ngalamin hal kayak diatas. Hal yang ngebuat aku takut ngebantah mama. Hal yang buat aku trauma, bahkan sampai sekarang. Aku bakal cerita sedikit. Walaupun ceritanya gak semenarik kisah Malin Kundang.

Kejadiannya 4 tahun yang lalu. Pas kelas 2 SMP, entah hari Selasa atau Kamis aku lupa. Jadi, seperti biasa tiap minggu sekolah selalu ada kegiatan renang. Tentunya ini pelajaran olahraga, bukan liburan anak kecil yang berenang bebek terus siram-siraman air. Bukan.

Sama kayak kebanyakan orang, dulu aku sukaaa banget berenang. Sampe udah keluar dari kolam renang pun rasanya kayak masih ngambang di air. Mulai kelas 1 SMP aku udah belajar renang dan menguasai beberapa gaya (walaupun gak sempurna), salah satunya gaya batu punggung. Iya, itu memang gaya favorite yang selalu aku pamerin ke orang-orang. Padahal, banyak anak cewek lain yang masih lebih jago lagi. Aku juga punya kacamata renang kesayangan yang gak rela aku pinjemin ke siapapun.

Seperti biasa, renang dimulai jam 3 siang. Tapi, murid udah harus datang sebelum jam 3 untuk administrasi (yaelah bahasanya), karena setelah lewat jam 3 guru renangnya bakal ninggalin murid yang telat masuk.
Hari itu agak berbeda karena waktu itu hujan deras.

Dirumah, pukul 14.00

Aku lagi nyiapin baju renang, handuk, shampoo, sikat gigi, gayung dan kacamata renang tentunya. Lalu, mama datang menghampiri.

"Cifa jadi pergi renang?"

"Jadi, ma."

"Loh? Hujan deras gitu diluar masih tetap mau pergi?"

"Hujan air aja kok ma. Lagian gak ada bedanya basah kena hujan sama basah karena renang."

"Gak usah pergi la, Cifa. Untuk hari ini libur aja renangnya. Hujan-hujan gitu bahaya."

"Alah ma. Gak apa-apa lah. Lagian hari ini ujian renang. Gak mungkin gak dateng."

Aku bohong sama mama. Hari itu sama sekali gak ada ujian renang. Walaupun aku bilang gitu, mama masih tetap ngelarang aku buat pergi. Dan aku masih tetap keras pengen pergi. Akhirnya mama nyerah.

"Yaudalah terserah kalo masih keras juga pengen pergi. Kalo ada apa-apa mama gak peduli." kata mama dengan nada agak marah.

Aku cuma pasang muka kesal sambil bicara dalam hati
"Aku udah cukup gede. Jadi, gak bakal kenapa-kenapa. Aku bukan anak kecil lagi!"

Sekitar hampir jam setengah tiga, aku masih belum berangkat. Aku nungguin hujan reda. Karena kesal ngeliat hujan yang gak ada perubahan, aku mutusin buat pergi aja. Aku pake jaket dan melangkahkan kali keluar rumah. Biasanya mama selalu nganter aku, tapi kali ini aku pergi sendiri. Aku nyetop becak bermotor dan langsung cus ke Gaperta. Gak ada kejadian apa-apa dijalan hingga sampai ke tujuan. Dengan sedikit sombong, aku bicara dalam hati kalo aku bakalan buktiin ke mama pas pulang nanti dan bilang aku baik-baik aja.

Ternyata pas sampai sana, masih sedikit orang yang datang. Mungkin karena hujan. Atau sebagian datang agak telat karena nunggu hujan reda. Aku, guru renang dan beberapa anak cewek lainnya duduk diluar pintu masuk kolam renang sambil nungguin yang lain datang. Tepat pukul 3 kami pun masuk, masih dengan jumlah murid yang belum bertambah (kira-kira gak sampai 10 orang). Aku masuk ke ruang ganti baju dan mengenakan pakaian renang (jangan dibayangin aku lagi pake baju renang itu gimana, please..)

Masih kayak biasa, di kolam, guru ngetes satu persatu murid dengan gaya kataknya. Setelah giliranku selesai, tampak beberapa anak cewek lain yang baru datang. Suasana pun jadi sedikit lebih ramai dari sebelumnya. Setelah dilatih selama setengah jam, murid selalu diberi waktu bebas untuk bermain air hingga akhirnya pulang. Aku masih didalam kolam bersama anak-anak lain.

Disinilah kejadian dimulai. Waktu itu dikolam sedalam setengah meter aku ngerasa bosan karena posisi yang disitu-situ terus. Aku mutusin buat pindah tempat. Aku mulai berenang sambil sesekali berjalan di air, diikuti anak-anak lainnya. Aku berjalan terus sambil melompatkan kaki hingga akhirnya, aku ngerasain ngilu di kaki. Ngilu yang sedikit perih. Ternyata, kakiku tergores semacam keramik tajam atau apalah aku gak tau, yang ada di lantai dasar kolam.

Goresan yang cukup kuat ngebuat aku merintih kesakitan dan aku mulai keluar kolam. Ketika masih berjalan menuju pinggir kolam, aku ngeliat kedalam air. Air kolam yang tadinya jernih, lama-lama bercampur dengan warna merah yang berasal dari kakiku. Dipinggir kolam, aku kaget ngeliat goresan yang mengoyak telunjuk kakiku. Darah masih mengucur deras di jari telunjuk, hingga guru renang datang setelah salah satu murid melapor. Sambil meringis, aku dibawa keluar area kolam dan kakiku langsung diobati disana. Jadilah jari telunjuk kakiku diperban.

Padahal saat itu, aku masih mengenakan baju renang dan kacamata renang yang dikalungin di leher. Aku bingung gimana caranya aku mandi. Ntar kalo aku mandi perbannya jadi basah. Aku pun mutusin buat ganti pakaian aja dan mandi dirumah setelah pulang nanti. Aku jalan keruang ganti pakaian dengan langkah sedikit pincang karena perih yang masih kerasa walaupun udah dibalut perban. Selesai ganti baju, aku keluar ruangan dan mengisi absen. Lalu, aku langsung berjalan ke pintu keluar.

Diluar, aku bengong sambil ngeliatin jalan raya. Aku bengong karena aku baru ingat, gak ada angkot jurusan yang langsung menuju kerumahku. Adapun angkotnya, aku harus jalan kaki kesimpang gaperta beberapa kilometer. Biasanya aku selalu pulang bareng temen dan capeknya gak kerasa karena jalan sambil ngobrol. Tapi, karena aku kelamaan ganti pakaian setelah renang tadi, ngebuat aku jadi murid terakhir yang ninggalin tempat itu. Aku ditinggal anak-anak lainnya. Kalo pergi tadi sih kocekku masih cukup buat naik becak. Lah, sekarang?

Dengan terpaksa, aku jalan sendiri kesimpang dengan tertatih-tatih. Sekitar 10 menit nyampe disimpang, aku nyetop angkot untuk pulang. Di angkot, aku nangis karena ngerasa bersalah sama mama, udah ngebantah mama padahal mama ngelarang aku pergi. Kebetulan waktu itu diangkot cuma aku sendiri. Inilah yang aku dapati. Walaupun cuma kecelakaan kecil, ini udah nimbulin trauma yang cukup mendalam.

Sampai dirumah, aku gak berani nyeritain hal ini ke mama. Aku ngerasa malu dan bersalah. Pada akhirnya, mama tau sendiri luka di jari telunjuk kakiku. Tapi mama gak marah. Dia ngobatin luka di kakiku sampai sembuh dan aku bisa jalan normal tanpa harus pincang-pincangan lagi. Waktu itu aku cuma bisa meluk mama sambil nyesalin perbuatanku dalam hati. Seandainya aku gak pergi hari itu. Seandainya aku dengerin kata-kata mama, gak bakal gini jadinya.

Sampai sekarang, tiap kali mama bilang "enggak boleh", aku gak berani bantah lagi. Karena aku selalu ingat momen gak terlupakan 4 tahun lalu itu. Momen yang ngebuat aku trauma berenang. Tiap kali ada kegiatan renang disekolah, aku cuma datang, duduk dan gak berani masuk kolam. Hal itu masih kebayang tiap aku ngeliat lantai dasar kolam renang.... dan juga darah itu. Kalaupun dipaksa renang pas liburan, aku selalu makai ban renang (bukan ban bebek untuk anak kecil -_-) atau sekedar minta gendong saudara. Aku gak peduli orang bilang aku kayak anak kecil atau apapun. Setidaknya, dengan ban renang, kakiku gak bakal nyentuh lantai dasar kolam.

Gak terasa, udah 4 tahun aku gak nyobain gaya punggungku, gak make baju renang lagi. Dan kacamata renang yang sampe sekarang masih kusimpan, itu cuma jadi kenangan sekaligus bukti bahwa dulu aku pandai berenang. Dan yang terpenting, sejak kejadian itu, aku jadi lebih nurut sama mama. Mungkin ini yang disebut "Surga dibawah telapak kaki ibu". Tiap kali mama ngelarang, aku selalu ingat gimana mama ngelahirin aku dan ngebesarin aku sampai sekarang. Mama ngelarang aku karena dia sayang samaku. Mama ngejaga aku sebagai anak cewek satu-satunya (dua saudaraku yang lain cowok).

Inti dari kisah ini, sayangi orangtua kalian, terutama ibu. Jangan bantah ibumu sekalipun karena dia yang lahirin kamu. Sekali kamu bantah ibumu, azabmu sangat pedih. Yang paling penting, selalu doakan ibumu. Karena dia juga pasti selalu mendoakanmu dimana kamu berada. Kalo yang ibunya udah gak ada, tetap doakan dia selalu, karena kelak kamu akan bertemu juga dengannya. Gak ada orangtua yang gak sayang sama anaknya. :))

Sekian dulu ya. Semoga kisah tadi bermanfaat dan jadi pelajaran bagi kalian.
Wassalam

0 comment:

Posting Komentar

Jangan cuma baca aja, komentar juga dong! Tapi komentar yang baik-baik ya :)

 

Copyright © Syifa-chan. Template created by Volverene from Templates Block
WP by Simply WP | Solitaire Online