My Second Home


Udah jadi kebiasaan sebelum mulai nulis, aku selalu buka Winamp dan nyalain musik. Lagu “It will rain” nya Bruno Mars mengalun jelas melalui headphone ke telinga. Lalu, aku klik file fiksi horror dengan nama “belum ada judul” di Ms.Word. Masih 2 page. Bingung dengan kelanjutan ceritanya, aku diam beberapa menit. Sampai lagu “It Will Rain” habis aku masih terdiam. Lalu lagu berlanjut. Masih dengan keheningan, aku dengerin opening lagu itu. Lagu yang gak asing lagi..

Suatu hari di kala kita duduk di tepi pantai
dan memandang ombak di lautan yang kian menepi
burung camar terbang bermain di derunya angin
suara alam ini hangatkan jiwa kita….

Lagu “Kemesraan” nya Iwan Fals ini sukses buat air mataku netes. File fiksi horror yang terbuka saat itu, langsung aku close. Tanganku udah gatal pengen nuangin rindu ini ke anak IPA-2. Disini aku bakal nyeritain tentang “My Second Home”.


Awalnya aku gak nyangka aku bakal masuk sekolah swasta itu (gak usah disebutin nama sekolahnya). Kupikir dengan NEM yang cukup tinggi, aku bakal masuk sekolah negeri. Ternyata, persetujuan dari orang tua juga diperlukan. Ya, aku masuk sekolah swasta itu karena mama. Bukan karena NEM ku gak cukup untuk masuk negeri *agak sombong* *kibas rambut*

Pertama kali ngeliat kondisi sekolahnya, halamannya cukup luas dengan satu mesjid dan satu musholla. Agama Islam di sekolah itu juga cukup kuat ditandai dengan hampir semua siswi disana memakai jilbab. Itulah yang jadi satu masalah untuk aku. Mama pernah bilang “Kalau Cifa udah masuk sekolah itu, sekali makai jilbab, gak diboleh dilepas-lepas lagi”. Memang sih, pas SMP aku sering pake jilbab tapi, sering buka jilbab juga. Dan akhirnya, aku masuk sekolah itu dan janji sama mama bakal konsisten dengan jilbab. Mulai saat itu dan sampai sekarang, aku gak pernah buka jilbab kalo bepergian, bahkan ketika tamu datang. Itu salah satu perubahan yang aku perbuat setelah masuk sekolah SMA itu.

Aku bukan tipe orang yang mudah berinteraksi dengan orang lain. Aku agak pemalu dan kuper di lingkunganku, bahkan dengan tetanggaku. Dan aku cenderung memilih-milih teman supaya bisa cocok dengan karakterku. Jadi, gak heran dihari pertama belajar efektif setelah mobs (bener gak sih penulisannya?) selesai, aku masih sendiri kemana-mana. Walaupun, ada beberapa teman, teman sebangku misalnya, yang bisa diajak ngobrol. Kira-kira hampir dua minggu, aku ninggalin teman sebangkuku dan pindah kebangku lain karena karakterku yang gak cocok dengannya. Setelah hampir sebulan, barulah aku bisa sedikit akrab dengan orang-orang yang ada dikelasku.

Kalau pas SMP dulu aku termasuk dalam golongan murid-yang-gak-punya-bakat-apapun, di SMA ini aku mulai menciptakan bakatku sendiri. Walaupun sampai sekarang aku gak tau bakatku yang sebenarnya itu apa. Mulai dari iseng nonton video tutorial tentang rubik, kelas sepuluh aku udah bisa menyusun rubik itu dengan bantuan Mita. Yang dulunya pas SMP aku cuma bisa metik do re mi dengan gitar, kelas sepuluh juga aku udah bisa ngerambas gitar, walaupun chord yang aku tau itu-itu aja. Yang dulunya aku cuma bisa nyoret-nyoret buku diary, di SMA ini aku udah bisa mulai dunia blogger. Dan yang dulunya pas nyanyi suaraku kayak kucing kejepit, sekarang nyanyi udah kayak Taylor Swift ketabrak tronton. Ya. Di SMA ini aku udah banyak berubah.

Tentu aja semua perubahan itu gak bakal ada tanpa orang-orang yang ada di tempat-penitipan-bagi-orangtua atau bisa dibilang rumah kedua (baca: sekolah). Kalo kata Sheila, rumah itu tempat tinggal pertama, sekolah itu rumah kedua, dan tempat bimbel adalah rumah ketiga. Ya, dirumah keduaku inilah orang-orang itu berada. Teman sekolah dan juga guru-guru. Dibawah ini, aku bakal memperkenalkan orang-orang penting dan berjasa yang udah membawa aku ke perubahan besar hingga saat ini. Cekidot.

Bu Khadriah, wali kelas pertamaku di SMA. Ibu ini paling mengerti kondisi kesehatan muridnya. Ya namanya juga guru biologi, insinyur kesehatan atau apalah gak tau sebutannya. Pernah satu kali Bu KD ngeliat aku megang perut, padahal aku gak pasang tampang merintih kesakitan. Dan seketika bu KD langsung tau kondisiku dan nyeletuk, “Kenapa? Mag? Asam lambung? Pergi ke UKS sana minta obat. Nanti makin parah jadi gawat”, kata bu KD dengan logat Acehnya yang kental. Aku cuma diam sambil ngangguk tercengang ngedengerin celetukannya.

Pak Wanner, wali kelas kedua. Pak Wanner atau yang akrab dipanggil “Bos” oleh “lek”-nya, paling banyak ngajarin muridnya tentang dunia percintaan, dunia anak muda, bagaimana cara ngedapatin orang yang kita suka dengan caranya waktu muda dulu :p. Bos ini paling ngerti deh apa yang dipengenin anak muda jaman sekarang. Ya, namanya juga guru computer #lah #apahubungannya #digetok

Pak Parsino, wali kelas terakhir/wali kelas bungsu *lah*. Beliau banyak ngajarin anak-anaknya tentang nilai-nilai kehidupan. Tentang cara mensyukuri hidup, cara mencintai orangtua sebagaimana sayangnya orangtua terhadap kita, tentang cara mengikhlaskan, dan juga memotivasi anak-anaknya supaya kelak jadi anak yang bermanfaat. Beliau juga paling ngerti keterbatasan kemampuan anak-anaknya dalam belajar. Kalau udah ada didekat beliau, rasanya kayak didekat ayah kita sendiri :’)

Amel, Yana, Yani, Ayu, Najaa, dan Sri. Mereka kawan-kawan yang cukup dekat dengan aku pas kelas 10. Mereka selalu ada buat kerja kelompok, pergi kekantin, foto-foto, jalan-jalan, ataupun nonton bareng. Kalau udah bareng mereka rasanya waktu berjalan cepat. Gak ada bosennya.

Mita, Dilla T.E, dan Gita. Mereka bertiga pernah jadi teman battle rubik-ku. Kalau udah sama ketiga orang ini juga, topik pembicaraan gak bakal jauh-jauh dari K-pop. Mulai dari ngehapalin lagu-lagu korea sampai ngepraktekkin dance-nya. Sesekali juga kami sering ngebicarain tentang film-film horror, gore, dan thriller. Pokoknya kalo udah masalah tuker-tukeran lagu K-pop dan film gore, kami udah jadi ahlinya.

Widya. Kelas sepuluh dulu aku, Widya dan juga Mita, sering ngebicarain Taylor Swift. Widya ini swifty, aku juga swifty, tapi dulu. Sekarang ketertarikanku sama Taylor Swift udah berkurang. Dulu, kalau udah bareng Widya, sealbum lagu Taylor Swift pun bisa kami nyanyiin walaupun sampai ngos-ngosan. Kami juga sampai hapal gaya-gayanya Taylor Swift di videoklip-nya.

Sheila. Gak terasa udah 3 tahun sekelas sama dia. Temen sekolah dan juga temen bimbel bareng. Pas dikelas gak ada guru, aku, Sheila, bareng Gita juga selalu nyanyi-nyanyi gak jelas ntah itu lagu lawas, lagu galau, ataupun lagu Hits. Sheila ini orangnya cerewet tapi ngangenin. Kalo udah denger Sheila merepet, rasanya pengen dilawanin terus sampai dia bener-bener marah. Sheila orang yang paling gak suka sama sifat ku yang gak peka sama orang. Iya, aku sering nyuekin orang lain kalau aku lagi asik sama duniaku. Bukan cuma Sheila, yang lainnya juga sempat kesel sama sifat ketidakpekaan aku. Ya, namanya juga manusia, karakter tiap orang beda-beda. Sheila juga orangnya peduli sama kawan-kawannya. Rasanya terjaga aja kalau udah deket dia :p

Una. Anak Umi-Buya. Temen susah sama-sama dan senang sama-sama. Suka lega kalau udah curhat sama dia. Paling aman dan percaya kalau nyeritain rahasia ke Una. Bakal kangen deh sama Una tamat SMA ini. :’)

Farah. Heran aja sama makhluk yang punya hobi gesek-gesek p*nt*t dan suka sama guru sejarah ini. Kalau mau curhat sama dia, jadinya dia yang curhat duluan. Kami sama-sama suka kucing. Bedanya, dirumahnya ada puluhan kucing, sedangkan dirumahku banyak tai kucing gak melihara kucing. Aku salah satu pecinta kucing yang gak dibolehin melihara kucing. Jadi, rumah Farah adalah tempat yang tepat kalo aku lagi pengen meluk-meluk kucing sambil nonton film. Aku sebut rumah Farah sebagai rumah keempatku. :”>

Gita. Sama kayak Sheila, aku udah 3 tahun juga sekelas bareng dia. Kami bertiga punya julukan iblis labil, Firaun sebagai Gita, Lucifer sebagai Sheila, dan Samael sebagai aku sendiri. Gita ini pasti selalu punya bahan cerita menarik buat dibahas. Aku paling takut sama dia kalo dia udah melototin matanya.

Nahra. Dia punya banyak daftar nama orang buat dibahas dan dijelek-jelekin sebagai bahan hiburan. Ketawa aja sih kalo udah sama dia. Pokoknya kalo aib kita udah ketauan sama dia, dia bakal teriak kuat-kuat ngebocorin aib itu. Ngeselin sih, tapi asik. Bener kata Sheila. Dosa aja kalo udah bareng dia, tapi terhibur juga. :p

Imam. Dia kamus berjalannya IPA-2. Aku sering bahas Naruto juga sama Imam. Temen update Naruto deh. Imam kalo udah ngasih aku deadline, rasanya kayak dikejar deadline beneran. Dia salah satu orang yang ngebuat aku semangat ngeblog, karena dikejar deadline. Imam kayaknya juga pernah janji mau bantu aku ngedesign header untuk blog ini. Aku masih ingat kok. Ntahlaya Imamnya masih ingat juga atau enggak. #nagihjanji #nomention #palalonomention

Dayah. Dayah salah satu orang yang banyak mengubah aku. Dia senior, mentor, motivator, dan inspirator dari segala hal yang aku pelajari. Dia banyak ngasih aku masukan, kritik ataupun SEDIKIT pujian. Dia orang pertama yang ngeyakinin aku bahwa aku harus ngeluarin bakat yang aku punya, salah satunya menulis. Aku yakin, suatu saat Dayah bakal jadi orang yang hebat :)

Nanda, Aga, Feri, Caprik. Nanda ini aku sebut tabib cinta. Karena dia paling tau soal cewek. Gak heran banyak cewek IPA-2 yang curhat masalah cinta sama dia. Dia juga terkenal dengan p***at-nya yang selalu basah. Aga, salah satu sumber bisingnya IPA-2. Celetukannya selalu sukses buat seruangan 202 itu ngakak sampai muntah. Herannya, kalo Aga udah marah, satu ruangan pada diam mematung. Feri dan Caprik, mereka berdua ini Mp3, Winamp, atau bisa juga disebut karaoke kelilingnya IPA-2. Kalo salah satu dari mereka ada yang nyanyi, semuanya jadi pada ngikutin mereka nyanyi. Lagu lawas, dangdut, ataupun religi, semuanya mereka pada hapal :D

Suri, Ijjah, Tria, dan Octa. Suri, temen pulang bareng, kamar mandi bareng, dan juga tentor Matematika-ku. Suri ini orangnya agak tertutup tapi, sama kayak Una, dia salah satu orang yang bisa kupercaya buat jaga cerita dan ngasih masukan. Ijjah, cewek yang murah ketawa. Apa aja yang diceritain, dia selalu mudah buat ketawa. Awet muda deh dianya, haha. Ijjah juga kalo udah mukul orang, sakit abis. Udah kayak Tsunade-nya IPA-2. Tria, penggantinya Mita buat bahas K-pop. Kami berdua sama-sama suka SNSD. Tria anaknya nyantai abis tapi, asik diajak ngobrol. Octa, atau akrab dipanggil “Mamie Sopie” ini adalah mall, atau bisa juga onlineshop-nya IPA-2. Segala macem tentang fashion dia jualin. Kalo Mamie udah bawa katalog sopie baru, abis deh direbutin cewek-cewek yang gila belanja.

Ichsan. Orang yang selalu aku jambakin rambutnya kapanpun dan dimanapun. Orang yang tulisan dan catatannya paling rapi dan lengkap, buat dipinjamin. Dia ini anaknya Bu Del karena Bu Del paling sayang sama dia. Ichsan, orang pertama yang bisa buat aku ketawa kalo aku lagi super badmood. Pernah nyanyiin lagu Maroon5, The Script, atau lagu hits lain bareng dia. Dia, teman nyebrangnya Farah kalau pulang sekolah. Bingung deh ntar siapa lagi yang rambutnya bakal aku jambakkin :(

Mayang, soulmate-nya Ichsan sama Mody. Asistennya pak Parsino. Ratu IPA-2. Paling cantik, pinter, dan paling diidamkan sama cowok-cowok IPA-2 juga. Heran, kalo udah dipeluk Mayang, adem aja rasanya. Kayaknya pelukannya paling ampuh buat ngilangin stress dan galau.

Mody. SMP satu sekolah tapi saling gak kenal. Eh, SMA malah sama dia lagi. Haha. Mody ini punya suara lengkingan dengan frekuensi yang ngalahin lagu Karl Mayer. Kalo Mody udah teriak sekali, dapat menyebabkan geger otak, telinga mimisan, ambeyen di gigi, pendarahan dan keguguran. Enggak deh, ini lebay. Aku juga pernah bilang ke Mody kalo suaranya adalah salah satu yang paling aku kangenin setelah tamat SMA.

Dilla. Bundanya Lita, Cut, dan Ina. Udah kayak eyang subur sama muridnya. Dilla ini temen main pico. Dia banyak ngenalin aku ke orang-orang baru di dunia maya. Termasuk ngenalin aku sama bang San. Dulu juga aku sering cerita banyak sama Dilla. Mulai dari tentang cowok, pico, sampai cara ngecheat game online. Paling bisa buat orang-orang ketawa dengan kata-kata polosnya.

Lita, Cut, Ina. Lita dengan suara ketawa yang kayak virus, nyebar kesemua orang. Sekalinya dia ketawa, semua bakal ikut ketawa dengar suaranya. Cut, temen dari kelas 10 juga. Orangnya cuek, pendiem, dan jutek. Ina, anaknya nyantai, ratunya ngopek pas ujian. Paling sering jadi bahan ledekan karena polosnya atau apalah itu (gak tega nyebutinnya).

Dedek, Reza, dan Adit. Reza dan Adit, temen main rubik juga dulu pas awal-awal kelas 11. Reza ini soulmatenya Dedek. Mereka berdua akrab kemana-mana. Dedek juga SMP satu sekolah samaku, tapi gak saling kenal, sama kayak Mody. Adit, raja angkuh, sombong. Sering dipanggil homo sama anak IPA-2, gak tau kenapa. Tapi, anaknya asik buat dijadiin lawan battle rubik.

Desfi, kamus bahasa Arabnya IPA-2. Anaknya baik, pinter, tapi, nyebelin kalo udah ngaku-ngaku jadi pacarnya Oka :(. Yoyo, soulmatenya Desfi sekaligus mantan pemain tinju. Abis badannya sering dibilang berotot terus pipinya juga chubby :D *ditonjok Yoyo*. Evy, maminya Desfi, Yoyo, dan juga Dedek. Cantik, baik, tapi agak judes. Sering ngejekin hidung aku :( *elus2 hidung* #malahtsurhat

Adi, gitaris IPA-2. Kalau ngomong, logat jawanya kental banget nget nget. Kemanapun dan dimanapun selalu lengket sama Widya. Algi, sering disebut pocin atau polisi cina. Orangnya nyantai, gak banyak omong. Tapi, sekalinya ngomong, orang-orang pada dibuat ketawa sama pocin ini. Arbi, gitaris IPA-2 juga, Noah-nya IPA-2, punya hobby ngelamun dikelas. Dulu sempat slek sama Arbi dan diem-dieman lebih dari sebulan, abis itu baikan. Tapi, tetap aja keadaannya gak sama kayak sebelum slek, saling canggung. Fauzi, tukang tidur. Dia bisa sangat cepat tertidur dimanapun, kapanpun dan dalam kondisi apapun. Mungkin pun kalau tiba-tiba ruang 202 itu hancur atau ada bencana alam, dia masih tetap santai tidur :D #maafpoji #maafkansaya .

Tama, perusuh sekaligus pembuat onar yang paling ngeselin. Sering terlambat masuk kelas, sering diperhatiin guru-guru. Tapi, sekalinya rajin, jadinya baiiiik kali. Erka, mantan calon gebetan Mayang. Orangnya misterius. Kalo lagi nyeletuk, celetukannya bisa buat hati rasanya kayak ditusuk-tusuk *masih kesel* *sakit hati*. Alfin, ustadz di IPA-2. Dia termasuk idamannya cewek-cewek IPA-2, salah satunya Una. Pokoknya, kalau udah dengar Alfin lagi adzan, ngaji, atau khutbah, bisa deh cewek-cewek IPA-2 meleleh dengar suaranya. Yang terakhir, Makrum, penari latar IPA-2, anaknya Bu Mariati. Orangnya paling paling paling paling baik di IPA-2. Udah itu aja. #nocomment

Udah ya ceman-ceman. Itu cerita singkat tentang kalian cemuahnya #singkatapaan . Maaf ya kalau agak buang waktu kalian karena baca ini. Anggap aja ini cemilan sambil nunggu pengumuman UN. Maafin juga kalau ada salah-salah kata, atau kalian gak terima dibilang gini dan gitu. Aku sendiri juga bukanlah orang sempurna kok. Aku cuma titisan dewi Neptunus sekaligus serpihan pesawat sukoi yang jatuh ke kawah gunung Merapi #iya #cedihmemang #cedihcekayi

Aku nulis tentang kalian satu-satu karena suatu saat kalau kita gak jumpa lagi dan saling melupakan satu sama lain, postingan ini bakal jadi kenangan buat aku untuk ngingat memori tentang kalian lagi #semacamAmnesiaya

Tanpa kalian, perubahan didiri aku gak bakal ada. Tanpa kalian semua, aku bukan apa-apa, bahkan sampai sekarang masih bukan apa-apa. Tanpa kalian juga, aku gak bakal sanggup nyanyi lagu “Kemesraan”-nya Iwan Fals sendirian :’)

0 comment:

Posting Komentar

Jangan cuma baca aja, komentar juga dong! Tapi komentar yang baik-baik ya :)

 

Copyright © Syifa-chan. Template created by Volverene from Templates Block
WP by Simply WP | Solitaire Online